Review

by - Desember 27, 2011

Banyak yang ingin gua review akhir-akhir ini, terutama di penghujung tahun ini


Book Review

Judul    : Manusia Setengah Salmon
Penulis  : Raditya Dika
Harga    : Rp 42.000,-

Bisa dibilang gua pembaca setianya, dari kembing jantan sampai manusia setengah salmon sudah gua baca, komik kambing jantan part 1 dan 2, sampai buku "Tolong radith membuat saya....." juga udah dimakan lahap-lahap.

Buku ini bisa dibilang agak berbeda dengan buku-buku lainnya, dalam buku ini ada bukan hanya banyak leluconnya, tetapi renungan yang ternyata 'iya banget'.

Salmon, adalah seekor ikan yang berani bermigrasi, melawan arus sungai, berkilometer jauhnya hanya untuk bertelur.
Manusia setengah salmon : manusia yang berani pindah. Ternyata arti perpindahan yang sesungguhnya bisa jadi sangat mendalam, seperti kata-kata di buku ini "Hidup sesungguhnya adalah potongan-potongan antara perpindahan satu dengan lainnya. Kita hidup diantaranya. (Hal: 254)" atau yang ini "Mungkin, gue hanya perlu mencari kebahagiaan-kebahagiaan kecil diantara semua perpindahan ini. (Hal: 258)

Yaaa pokoknya very recommended lah, bisa menemani waktu liburan sekolah hahaha

Movie Review 

    Judul : Hafalan Shalat Delisa
    
    Akhirnya, Kamis kemarin bersama kakak kelas yang baik hati pergi nonton, pas di tanggal 22 Desember, di hari ibu, dan bertepatan dengan hadirnya film ini di bioskop-bioskop.
     Regia dan Teh Arin sama-sama udah baca buku ini, ya walaupun ada beberapa bagian yang berbeda, tapi inti perjuangan Delisa tetap terasa, pilihan cocok untuk ditonton bersama keluarga, mengingat 7 tahun sudah tsunami terjadi di Aceh.


     Selain film dan buku, ada juga kejadian-kejadian yang terjadi akhir-akhir ini :
    1. Selamat jalan HP
    Peristiwa ini terjadi sewaktu gua mengantar Tika ke Gramedia untuk konfirmasi mengenai cara kedua kami, Book and IT Fair. Gua sendiri ga sadar kapan dan dimana hilangnya, yang pasti sewaktu gua sudah tiba di sekolah hp gua udah ga ada, dan nomernya gak bisa di huhungi. Sedih memang. Semua kontak yang ada di nomer gua adalah orang yang sering gua hubungi, teman SD, SMP, sampai alumni SMANSA. Tapi alhamdulillah ternyata stok nomer gua masih ada dan nomernya pun sudah diurus, jadi gua masih tetap pakai nomor yang sama :)
    
    2. Book and IT Fair
   Pembagian rapot kali ini dilaksanakan siang hari, tepatnya pukul 13.00 WIB, karena kami sudah siap dari pagi, akhirnya kami bercanda dahulu satu sama lainnya. Giliran gua mendapatkan mic itu...... gua udah kehasut stand up comedy-nya raditya dika, yang suster ngesot, turunin aku sekarang, cerpen Anggi, wanita dan diskon, shmapoan yang bikin ngakak guling-guling, ditambah observasi gua mengenai lagu cherrybelle-beautiful. Gua berasa jadi stand-up-comedian di acara book and it fair.


    3. Rapot....rapot...
    Rapot gua, alhamdulillah baik-baik aja. Gimana pun juga toh harus disyukuri. Setidaknya  tidak semengagetkan rapot bayangan gua. Sangat terasa yang namanya berusaha mengejar. Jadi kangen suasana NF ketika menjelang ulangan, sampai jam setengah 9 malam di NF yang gua sendiri gak tahu apakah sudah maksimal atau belum. Fotocopy sana-sini. Gak ada guru pun teman yang jadi pengajarnya. 
     Ranking? Iya, ranking gua turun. After 6 months being a sophomore....ternyata ga gampang, tapi bukan berarti sulit, bukan. I thought it's quite the same, but the fact.... Ya, beda pengajar, beda standar, beda kehidupan.
   Qorib yang memberi semangat, "Nilai-nilai kehidupan itu jauh lebih berharga gi dari nilai-nilai di rapot." Bener kok, terbayar dengan apa yang gua jalani 2 bulan ini di semester 3. Walaupun masih ada sedihnya kalau inget ranking fufu.


    4. Lain-lainnya....
   Desember kali ini luar biasa. Banyak yang dikejar, dilakukan, dan banyak stuba...hahaha. Ketika lu lagi jadi pembawa acara di depan aula, terus tiba-tiba ada sms "Reg, ditunggu Pa Agus sekarang di ruang guru" dengan memasang tampang sok cool gua lanjutkan saja presentasi. Main badminton dan ping pong suka-suka. Mengorbit...dan terus mengorbit bumi. Ternyata yang namanya mengobservasi dan mengembangkan itu bukan permainan satu arah, melainkan dua arah, objek dan subjeknya harus sama-sama berkembang.


    27122011. Banyak coretan yang gua bikin di tahun ini. Semester 2 yang penuh rasa syukur, semester 3 yang penuh perjuangan. Gua yang ingat Desember tahun lalu, melalui malam yang panjang bersama percakapan. Mengenai urusan dia-yang-tak-lelah-merasa, tahun ini terasa lebih lapang. Gua juga sudah mulai terbiasa dengan semua-yang-ada di-depan-mata. Semuanya, yang sempat menjadi rasa takut, yang tak ingin gua tinggali, seperti kata Raditya Dika : "Gua harus berani pindah"
   Benar, semuanya berpindah. Bahkan usaha menuntut adanya perpindahan, tanpa adanya perpindahan, W akan sama dengan 0, ya kan ?


    Pokoknya, semua yang terjadi di 2011 akan diulas habis-habisan di posting yang selanjutnya. Pamit dulu, chaw!

You May Also Like

0 komentar