Pekan Berharga #2 : Malam Eksplorasi

by - Desember 08, 2013



Kalau sebelumnya gue cerita kalau gue banyak dapet pelajaran baru dari proses malam keakraban, sekarang gue mau cerita kalau dalam pekan yang sama juga gue menghadapi malam eksplorasi, dari mulai eksplorasi calon ketua Ikatan Mahasiswa Departemen (yang dimana gue menghadiri ekplorasi Ikatan Mahasiswa Sipil), eksplorasi calon MPM fraksi departemen, eksplorasi calon ketua BEM Fakultas Teknik, daan eksplorasi calon Ketua BEM UI.


Buat gue pribadi, pekan kemarin memang sukses bikin gue ketar-ketir, ketika dalam seminggu penuh gue mencoba menghadiri serangkaian acara eksplorasi ditambah di pekan itu juga ada malam keakraban. Sebetulnya intensitas wajibnya bukan yang sangat-sangat, dan gue sendiri bisa aja memilih untuk langsung balik ke kosan, ngenet, atau langsung tidur. Modal gue kemarin mendatangi berbagai eksplorasi cuma keyakinan, yakin kalau yang gue hadiri sekarang adalah pelajaran mahal karena momen ini cuma datang setahun sekali, dan yakin kalau gue bisa mengambil banyak pelajaran dari ekplorasi ini.


Alhamdulillahnya, keyakinan gue ternyata ga sia-sia..


Ekplorasi calon ketua IMD dan calon MPM fraksi Departemen

Eksplorasi kali ini membuat gue bukan hanya mengenal calon, tapi mengetahui bagaimana kultur dan kebijakan-kebijakan yang ada di sini. Gue sendiri yang walaupun sewaktu SMA 2 tahun ikut kegiatan organisasi ngerasa masih ga ada apa-apanya dalam hal menejerial ketika gue masuk di dunia perkuliahan. Segala pertanyaan, tanggapan, maupun kritik dari floor adalah sebuah pembelajaran baru yang baru gue dapatkan. Di sini juga, setiap calonnya mempunya tim sukses dan alhamdulillah gue mendapat kesempatan untuk belajar hal baru lagi dengan ikut tim sukses, ikut menghadiri eksplorasi dari malam sampai pagi sehingga membut gue tidur di mushola teknik atau gazeb bersama nyamuk-nyamuk ganasnya, baru pulang pagi ke kosan dan langsung siap-siap kuliah jam 8 pagi, besoknya terulang lagi seperti itu. Syukur alhamdulillah semuanya terbayar ketika calon dari tim sukses gue yang akhirnya menjadi Ketua IMS 2014 sekaligus senior gue sejak SMP dan SMA. Once again, selamat mengemban amanah ka Adrian dan semoga tag line #makeamove nya bisa terealisasi dengan baik.

 

Satu lagi, lulusan almamater kotak sabun menjadi orang nomer 1 dalam sebuah lembaga, dan ini bukan pertama kalinya, melainkan yang ketiga kalinya dalam 5 tahun terakhir.

Eksplorasi Calon Ketua BEM FT

Gue termasuk telat untuk mengetahui siapa-siapa saja senior yang mengajukan diri untuk jadi orang nomor 1 di makara biru tua ini. Tapi masa kampanye menjawabnya dengan poster yang ditempel di mading maupun spanduk yang digantung di koridor maupun kantin. Ternyata sebegitu ingin tahunya gue dengan calon-calon yang sekarang, calon-calon yang siap menggantikan Agus Taufik maupun Ivan Riansa yang masa kepemimpinannya udah ga perlu ditanya lagi. Eksplorasi calon ketua BEM FT memperkenalkan gue sekilas tentang kultur dari tiap departemen yang punya ciri khasnya masing-masing. Selamat untuk Ka Nadhif, Teknik Mesin 2011 sebagai calon terpilih untuk memimpin Arjuna 04 :)

Eksplorasi Calon Ketua BEM UI
Untuk eksplorasi kali ini gue gak bisa hadir untuk melihat langsung bagaimana eksplorasi ketiga calon ketua BEM UI dengan maisng-masing grand designnya : Amazing Works, UI Baru, dan Ini Semangat Kita. Tapi beruntungnya gue ketemu Indi waktu gue ke Fasilkom dan diajak ke FH untuk liat eksplorasi. Ternyata suasana di sana sangat berbeda dengan di FT, cara floor memberi pertanyaan, cara para kandidat menjawab berbeda, ternyata setegas itu suasana di FT haha.
Soal pilihan? Ivan-Aid bener-bener membawa udara segar dalam berkampanye. Unik dan menyenangkan dalam memperkenalkan siapa mereka. Walaupun hasilnya belum ada, semoga duet FT-FMIPA (kalau terpilih, aamiin) bisa mengawal dinamisasi di tahun 2014, dari mulai pemilihan rektor sampai pemilihan presiden.


Padahal gue baru 6 bulan ada di sini, tapi momen yang udah dilewatin ga keitung seberapa banyaknya...

You May Also Like

1 komentar